Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Uncategorized » INDONESIA DALAM PUSARAN GLOBALISASI,PENGEMBANGAN NILAI-NILAI POSITIF GLOBALISASI BAGI KEMAJUAN BANGSA
click image to preview activate zoom
Diskon
4%

INDONESIA DALAM PUSARAN GLOBALISASI,PENGEMBANGAN NILAI-NILAI POSITIF GLOBALISASI BAGI KEMAJUAN BANGSA

Rp 133.800 Rp 140.000
Hemat Rp 6.200
KodeIDP-92
Stok Tersedia
Kategori Uncategorized
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

INDONESIA DALAM PUSARAN GLOBALISASI,PENGEMBANGAN NILAI-NILAI POSITIF GLOBALISASI BAGI KEMAJUAN BANGSA

Dinamika perkembangan globalisasi sangat cepat dan memberikan pengaruh dalam kehidupan sebuah Negara, termasuk Indonesia, sehingga menimbulkan pusaran yang berimbas pada dua hal yang mendasar yakni membawa imbas positif serta imbas yang negatif. Membangun karakter bangsa di era globalisasi mnjadi sebuah hal yang penting demi mengurangi dampak yang dapat merugikan bangsa dan negara secara keseluruhan. Dampak yang ditimbulkan dengan  meliputi berbagai aspek kehidupan misalnya dalam aspek kehidupan politik, ideologi, sosial budaya dan ekonomi juga yang lainnya. Perdagangan akan meningkatkan efisiensi ekonomi sekaligus memberikan keuntungan akibat perbedaan harga relatif dan spesialisasi dalam berproduksi.

Secara teoritis, penghapusan berbagai bentuk intervensi dan hambatan menjadikan penerapan liberalisasi perdagangan akan mendorong peningkatan volume perdagangan lebih besar sehingga nilai tambah yang diciptakan juga makin besar. Kondisi tersebut selanjutnya diperkirakan akan memacu pertumbuhan ekonomi dunia. Dalam prakteknya, proses liberalisasi perdagangan dilakukan melalui berbagai skenario. Selain proses liberalisasi unilateral, ratifikasi kerjasama perdagangan internasional melalui pembentukan kelembagaan seperti APEC, AFTA dan WTO 35 merupakan pilihan skenario liberalisasi bagi negara pelaku perdagangan termasuk Indonesia.

Sebagian ekonom menganggap liberalisasi akan menguntungkan bagi negara yang sedang berkembang dan penduduk miskin karena ekspor produk yang bersifat padat karya akan meningkat. Selain itu, liberalisasi yang menuntut peningkatan daya saing produk akan mendorong peningkatan nilai tambah melalui pembangunan industri-industri manufaktur pengolahan hasil pertanian.

Munculnya globalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Dampak globalisasi tersebut meliputi dampak positif dan dampak negatif di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lainnya. Proses globalisasi yang bergulir, diiringi dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memungkinkan terjadinya perubahan lingkungan strategi yang berdampak luas terhadap eksistensi dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya. Selanjutnya yang harus di siapkan untuk menghadapi globalisasi adalah dengan memperkuat posisi Indonesia dari berbagai bidang.Dari aspek eksternal, globalisasi menimbulkan pertemuan antar budaya bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dengan kata lain, globalisasi berdampak pada terjadinya perubahan sosial besarbesaran yang belum tentu semua perubahan itu kongruen dengan kemajuan sosial (sosial progress).

INDONESIA DALAM PUSARAN GLOBALISASI,PENGEMBANGAN NILAI-NILAI POSITIF GLOBALISASI BAGI KEMAJUAN BANGSA

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 934 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout